Mengenal Karakter Wanita yang Hebat

Mengenal Karakter Wanita yang Hebat – Menjadi seorang wanita yang hebat merupakan anugerah yang terindah, apalagi jika dipolesi dengan iman dan akhlak yang indah pula. Tiereada hal yang terindah bagi seorang muslimah selain gelar sebagai perhiasan dunia yang terindah. Lebih sempurna lagi keistimewaan muslimah tersebut bila dilengkapi dengan karakter hebat yang melekat pada dirinya. Tidak semua wanita bisa memiliki karakter hebat. Namun, setiap wanita sesungguhnya berpotensi menjadi wanita hebat.

Muslimah yang hebat akan menjadi dambaan suami yang hebat pula. Dengan menjadi muslimah yang hebat tak akan memberi kesempatan pada lelaki yang lemah untuk menjadi teman hidupnya, karena lelaki yang lemah tak akan pernah pede untuk meminang muslimah yang hebat. Nah, berikut ini karakter muslimah yang hebat.

Tak Mudah Panik Saat Menghadapi Masalah

Sepertinya ini sudah menjadi kodrat seorang wanita. Ia suka panik menghadapi masalah tak setegar kaum pria. Akan tetapi, bila ada wanita yang bisa tetap tenang dan tegar saat dilanda masalah, sesungguhnya mencirikan ia seorang muslimah yang luar biasa.

Sebuah kisah di masa Rasulullah r bisa membuktikan dan memperlihatkan kehebatan seorang wanita yang tetap tenang meski menghadapi masalah besar. Ini seperti yang diriwayatkan Anas bin Malik y, bahwa seorang anak dari Abu Thalhah menderita sakit yang parah. Namun, ketika Abu Thalhah keluar, anak itu menghembuskan nafas terakhirnya. Meninggal dunia.

Baca Juga: Pesona Wanita Cantik yang Sesungguhnya

Saat Abu Thalhah kembali pulang dia bertanya, “Bagaimana anakku?” Istrinya, Ummu Sulaim menjawab. “Ia dalam kondisi sangat tenang,” seraya menghidangkan makan malam kepadanya. Dan dia pun makan. Kemudian ia melakukan tugasnya sebagai istri kepada suaminya.

👉 TRENDING :   Tombol Alternatif Pengganti Tombol Enter pada Keyboard

Ketika akhir malam, ia berkata kepada suaminya. “Wahai Abu Thalhah, bagaimana pendapatmu bila keluarga si fulan meminjam suatu pinjaman, lalu memanfaatkannya, kemudian ketika pinjaman itu diminta, mereka tidak suka?”

Ia menjawab, “Mereka tidak adil.”

Ummu Sulaim berkata, “Sesungguhnya anakmu, fulan, adalah pinjaman dari Allah dan Dia telah mengambilnya.”

Abu Thalhah beristirja’ (mengucapkan, Innâ lillâhi wa innâ ilaih râji’ûn). Dan memuji Allah seraya mengatakan. “Demi Allah, aku tidak membiarkanmu mengalahkanku dalam kesabaran.”

Pada pagi harinya, dia datang kepada Rasulullah. Tatkala beliau melihatnya, beliau bersabda. “Semoga Allah memberkahi kalian berdua di malam hari kalian.”

Keberkahan itu, sejak malam itu, mencakup ‘Abdullah bin Abi Thalhah, dan tidak ada pada kaum Anshar seorang pemuda yang lebih baik darinya. Dari ‘Abdullah tersebut lahirlah banyak anak, dan ‘Abdullah tidak meninggal sehingga dia dikaruniai sepuluh anak yang semuanya hafal al-Qur-an. Abdullah pun wafat di jalan Allah. Subhânallâh.

Betapa luar biasa ketenangan yang diperlihatkan Ummu Sulaim. Inilah salah satu ciri-ciri wanita yang hebat. Sudah mampukah kita tetap tenang dalam menghadapi permasalahan yang kita hadapi wahai muslimah yang budiman?

 

Saat Berbuat Kesalahan, Berani untuk Meminta Maaf dan Memperbaikinya

Karakter lainnya yang diperlihatkan oleh wanita hebat adalah berani meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Bahkan, mau memperbaikinya sehingga tidak akan mengulangi kesalahan yang kali keduanya.

Bukankah wanita pada umumnya tidak suka disalahkan dan direndahkan, apalagi jika harus bertanggungjawab memperbaiki sebuah kesalahan? Akan tetapi wanita yang hebat tidaklah sama, ia akan berani meminta maaf di saat berbuat salah dan juga berani untuk bertanggungjawab dengan memperbaiki kesalahan tersebut.

Baca Juga : Mengembalikan Budaya Menghafal yang Telah Punah

👉 TRENDING :   Bantuan UMKM Sudah Cair 99 Persen, Buruan Cek Namamu: Ambil Dana BPUM Tanpa Antri, Bawa 5 Berkas Ini

Dengan meminta maaf akan menandakan apa yang ia perbuat adalah bentuk ketidak sengajaan. Dengan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan akan menuntunnya menjadi wanita yang salehah.

Apakah kita termasuk wanita dengan ciri-ciri karakter hebat ini? Ataukah kita justru terbiasa menyembunyikan kesalahan yang dilakukan di balik kelemahan dan wajah memelas?

Setiap Kata yang Diucapkan Bersifat Positif

Kata-kata bisa menjadi nilai plus. Dengan kata-kata pula seseorang dapat dinilai karakter yang ia miliki. Tapi, kata-kata juga bisa malah menjadi nilai minus bagi seorang wanita.

Ada wanita yang tiap berkata-kata selalu melahirkan emosi negatif. Membuat orang sekitarnya tersinggung, risih,dan tidak nyaman. Tapi, ada juga wanita yang memiliki sifat sebaliknya. Tiap kata yang diucapkan bermakna positif. Hal ini dicontohkan oleh seorang ibu luar biasa, yang ketika anak laki-lakinya melakukan kenakalan dahsyat, bukannya merutuk atau memaki, sang ibu justru melampiaskan kemarahannya dengan ‘menyerapahi’ anaknya menjadi anak yang baik. Pun kata-katanya akan menjadi doa, yang insyaallah kemudian terkabul.

Jika ingin menjadi wanita hebat, pastikan tiap kata yang keluar dari lisan adalah kata-kata positif, memberi semangat, mengandung ketenangan dan solusi, serta menjamin keamanan orang-orang di sekitar dari bahaya lisan.

Tak Mudah Tersinggung Saat Diberi Saran, Masukan, atau Kritik

Tabiat wanita biasanya susah diberi kritikan, jangankan kritik, dikasih masukan saja, ia akan tersinggung luar biasa. Akan tetapi, seorang wanita yang hebat akan membuka diri menerima masukan, saran, bahkan kritikan pedas sekalipun, karena ia tahu bahwa hal itu menunjukkan perhatian padanya serta sesuatu yang bisa dijadikan bahan evaluasi diri dan memotifasinya sebagai cambuk padanya agar lebih baik bahkan berprestasi.

Selalu Punya Cara Mengatasi Tantangan Hidup

👉 TRENDING :   Manga Boruto Chapter 62 Rilis Terbaru Sub Indo

Ciri selanjutnya, wanita hebat selalu punya cara mengatasi tantangan hidup sesulit apapun itu. Selalu mencari dan berfikir agar dapat menyelesaikan apa yang tengah ia hadapi.

Sebagai ilustrasi, ada seorang wanita yang ditinggal mati suaminya, menanggung sekian orang anak, salah satu anaknya mengidap kanker, namun ia tetap bisa bertahan membesarkan anak-anaknya tanpa keluhan bahkan ia dapat mengantarkan anaknya menjadi insan yang sukses dan berprestasi. inilah ciri wanita luar biasa. Bukan, malah banting setir menjadi wanita murahan, menjajakan diri dengan dalih untuk mempertahankan hidup dan pendidikan anak. Na’ûdzubillah.

Betapa banyak wanita hebat di sekitar kita, jika kita ingin menjadi salah satu di antaranya, terus berusaha menjadi wanita hebat nan salehah. Semoga Allah memberi kemampuan untuk memiliki jiwa berkarakter wanita hebat yang telah disebutkan. Tentu saja wanita hebat memiliki Allah di hatinya. Dan hal tersebut adalah hal utama yang membuatnya bisa kuat menghadapi rintangan apapun juga. Selamat menjadi wanita yang hebat dan melahirkan generasi luar biasa pula.

 

@faizamzad