Panduan Lengkap Atur Akun Telegram Biar Tidak mudah Dibobol

Panduan Lengkap Atur Akun Telegram Biar Tidak mudah Dibobol – Medsos pesan instan menjadi sarana berkomunikasi yang begitu membeludak penggunanya, karena menjadi media seseorang ketika tidak bisa bertemu langsung. Kebanyakan aplikasi pesan instan, termasuk Telegram, sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi end-to-end untuk memastikan komunikasi kita aman tidak bisa diretas orang lain. Dengan teknologi tersebut, hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat isi pesan yang berjalan.

Meski pun sudah ada perlindungan yang menjanjikan dari pihak proveder, tidak ada salahnya menyalakan sejumlah setelan di aplikasi Telegram agar akun semakin aman. Berikut ini kami paparkan tips dan triknya:

  1. Sembunyikan nomor telepon

Pengguna Telegram bisa melihat nomor telepon jika sudah menyimpan kontak dan melakukan sinkronisasi dengan aplikasi. Untuk memaksimalkan pengamanan akun, Telegram menyediakan opsi menyembunyikan nomor telepon.

Baca Juga : 6 Ekstensi Google Chrome yang Sangat Bermanfaat Untuk Konten Kreator

Caranya, pergi ke pengaturan, kemudian pilih privasi dan keamanan. Nyalakan opsi “tidak ada” pada pilihan siapa yang bisa melihat nomor telepon.

  1. Kunci obrolan

Fitur mengunci obrolan atau lock chat bisa dinyalakan jika pengguna menggunakan akun Telegram untuk beberapa perangkat sekaligus. Selain fitur obrolan rahasia atau secret chat, yang hanya bisa diakses dari satu perangkat, Telegram memiliki fitur lock chat untuk mengunci pesan secara otomatis.

Baca Juga : Google Drive baru saja mendapatkan peningkatan besar

Pesan akan terkunci setelah perangkat tidak digunakan selama beberapa menit. Fitur ini juga bisa diakses melalui menu privasi dan keamanan, kemudian pilih passcode and touch ID. Pengguna akan diminta untuk memasang PIN untuk membuka kembali obrolan.

  1. Matikan fitur mencari orang terdekat

Fitur people nearby bisa digunakan untuk berkenalan dengan pengguna Telegram lainnya yang berada di sekitar, tanpa bertukar nomor telepon. Matikan fitur ini setelah selesai digunakan agar lokasi tidak tersebar ke orang-orang sekitar.

  1. Pesan temporer
👉 TRENDING :   Cara Mencetak Kartu Seleksi Akademik PPG 2022

Fitur pesan temporer, yang akan hilang sendiri setelah beberapa waktu, pada aplikasi Telegram bernama self-destruct chat. Nyalakan penghitung waktu sesuai durasi yang diinginkan.

Setelah pesan dibaca, ia akan hilang setelah durasi yang ditentukan habis. Pesan akan hilang dari perangkat pengirim dan penerima. Telegram akan memberikan pemberitahuan jika lawan bicara mengambil tangkapan layar (screenshot).

  1. Batasi undangan masuk grup

Jika tidak ingin diundang ke grup yang tidak dikenal, atur siapa saja yang bisa mengundang masuk grup melalui opsi “grup” di setelan untuk privasi dan keamanan.

  1. Lindungi konten

Fitur perlindungan konten ditujukan membantu kreator untuk melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram dan konten tersebut hanya tersedia untuk audiens yang mereka tuju. Pemilik grup dan kanal bisa mengatur agar konten mereka hanya untuk anggota grup tersebut. Jika dinyalakan, Telegram akan membatasi pesan untuk diteruskan, mencegah tangkapan layar dan membatasi menyimpan media.

  1. Hapus pesan

Telegram memperbarui fitur histori agar pengguna bisa menghapus obrolan dalam rentang tanggal tertentu. Aplikasi jug menyediakan pilihan agar pesan terhapus secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Inilah beberapa trik dan tips yang bisa kami sampaikan untuk mendukung lebih amannya akun Telegram dari para tangan jahil. Namun ini merupakan segelintir trik saja, masih banyak cara lain yang bisa kalian nantikan di laman ini. Salam digital.

Dari Berbagai Sumber.