Digital Falak, Aplikasi Pengingat Sholat Buatan Santri

Syahdan, berawal dari keresahan tidak adanya jam Istiwak waktu sholat, salah satu pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri ciptakan aplikasi pengingat waktu sholat. Pria yang kini menjabat sebagai Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Pasuruan itupun menamai aplikasinya, Digital Falak. Adalah Ahmad Tholhah Ma’ruf, alumni santri Al-falah Ploso Kediri ini berinisiasi menciptakan aplikasi sebagai alat bantu beribadah itu.

Pria asal Desa Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan itu, mulai mengembangkan gagasannya sekitar tahun 2011 tapi masih belum lengkap. Semangatnya waktu itu terbilang sederhana, yakni bagaimana ia mendapatkan alat ataupun cara yang dapat membantunya beribadah sholat dengan tepat waktu sesuai tuntunan syariat islam.

Hingga ia ‘nekad’ utak-atik aplikasi waktu. Nah, sampai beberapa kali perbaikan dan penyempurnaan, pada tahun 2015 aplikasinya diupload di Playstore hingga sekarang.

Hingga saat ini, aplikasi asli buatan staf pengajar Ponpes Sidogiri, Kabupaten Pasuruan tersebut sudah diunduh lebih dari 160.000 pengguna smartphone. Yang lebih membanggakan lagi, aplikasi Digital Falak juga diunduh masyarakat luar negeri.

Baca Juga : Panduan Lengkap Atur Akun Telegram Biar Tidak mudah Dibobol

Aplikasi Digital Falak ini mempunyai kelebihan pada fasilitas data waktu sholat. Selain itu yang membedakan dari aplikasi Islami yang lain adalah mengetahui hari besar Islam dan hari libur nasional dalam satu aplikasi.

Aplikasi Digital Falak ini juga dilengkapi kalender Hijriyah yang sangat membedakan dengan aplikasi waktu sholat yang lain. Pun aplikasi ini terdapat fitur notifikasi baterai full ketika smartphone di-charger yang sangat membantu dalam perawatan baterai hp agar tidak mudah rusak karena over charger.

Aplikasi ini juga cocok untuk memberi notifikasi waktu imsak sesuai dengan hitungan yang tepat. Sehingga ibadah puasa kita benar-benar terjaga keabsahannya.

👉 TRENDING :   Google Drive baru saja mendapatkan peningkatan besar

Di samping itu masih banyak fitur-fitur lainnya yang bermanfaat bagi umat islam. Yang paling keren diupdate terbaru adalah pencarian tanggal 40 hari, 100 hari dan 1000 hari untuk mengenang seseorang yang telah meninggal.

Selain Digital Falak, masih banyak lagi aplikasi lain yang dilahirkan dari ide cemerlang alumni santri Ploso ini. Aplikasi-aplikasi itu bisa kalian unduh langsung di laman resmi: https://www.digitalfalak.com.

 

DOWNLOAD

 

Profil Pembuat Aplikasi Digital Falak

Nama                    :               AHMAD THOLHAH MA’RUF

Alamat                  :               Gang Masjid Warungdowo Timur desa Warungdowo Kec. Pohjentrek Kab Pasuruan Jatim 67171

Email                    :               a.tholhah@gmail.com

a.tholhah@digitalfalak.com

Website               :               https://www.digitalfalak.com

Telp                      :               +62 817-1717-3450

 

Diskripsi

Menimba Ilmu agama di Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri prionde 1994-2003, dan belajar ilmu falak pada tahun 1998. sejak mengenal ilmu ini saya terus mencari referensi ilmu astronomi serta mempelajarinya dan terus mengupdate alat penghitung mulai dari manual,kalkulator casio fx4300,kalkulator fx4500, dan pada tahun 2004 saya mulai mempelajari bahasa pemrograman berbasis windows (visual basic 6) dan tiga bulan kemudian saya berhasil membuat program waktu sholat yang saya namakan ‘JAM MUNI’ (Jam yang dilengkapi dengan suara dengan bahasa jawa). setelah rampung membuat program JAM MUNI, saya membuat program hisab dengan beragam metode yang saya namakan ‘HISAB MULTI MARKAZ’ (HMM) dan selesai pada tahun 2007/tiga tahun kemudian, HMM sampai saat ini (2013) masih belum 100% benar dan trus saya lakukan update. saya sangat berterimakasih pada teman-teman ahli hisab yang ikut mengoreksi hasil garapan HMM. sejak tahun 2009 sampai saat ini (2013) saya dipercaya oleh Pondok Pesantren Sidogiri untuk menyempurnakan DatabasePPS (Database Pondok Pesantren Sidogiri) dalam mensentaralkan data santri PPS. dari kepercayaan ini saya banyak mendapat tambahan pengalaman dalam pembangunan sistem Tehnologi Informasi.

👉 TRENDING :   Aplikasi Penguat Sinyal