Cara Mengatasi Kamera Sony a6000 Overheat

Merekam video di waktu siang hari menggunakan kamera a6000 memanglah menjadi tantangan bagi para videografer yang memakai kamera ini. Selain keringat yang bercucuran, terdapat kendala yang sering dijumpai oleh para pengguna kamera a6000, kendala tersebut adalah overheat.

Overheating sendiri merupakan kondisi ketika kamera yang kita gunakan saat merekam video menjadi panas dan mati sendiri saat proses perekaman video. Perasaan jengkel kerap dirasakan para pengguna kamera sony a6000 jika mengalami overheating.

Mengetahui permasalahan tersebut, melalui ulasan ini kami coba memberikan tips mengenai Cara Mengatasi Kamera Sony a6000 Overheat.

1. Menggunakan Dummy Baterry / DC Coupler

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi permasalahan kamera a6000 yang cepat panas (overheat) saat perekaman video adalah dengan menggunakan dummy battery / dc coupler.

Dummy Battery / DC Coupler merupakan sebuah alat bantu berupa adaptor batterai yang dipasangkan pada kamera dengan menggunakan source power eksternal. Sumber tenaga listrik tersebut dapat berasal dari aliran listrik langsung ataupun dari powerbank. Kami sendiri lebih menyarankan untuk menggunakan powerbank sebagai sumber tenaga listrik dengan alasan keamanan pada kamera, untuk mengantisipasi terjadinya konsleting ataupun listrik yang tiba-tiba padam.

Oleh sebab itu penggunaan powerbank sebagai sumber tenaga listrik terbilang lebih aman untuk disambungkan ke kamera sony a6000 dibanding menggunakan aliran listrik secara langsung.

Kriteria pemilihan jenis powerbank juga harus kita perhatikan, hal utama yang harus dilihat dari powerbanknya adalah besarnya tenaga output dari powerbank yang akan disambungkan ke dc coupler / dummy baterry nya. Kami menyarankan tenaga output dari powerbank lebih dari 20V sehingga akan menjaga kualitas kamera dalam jangka waktu lama.

👉 TRENDING :   MacBook Pro baru dan ini yang saya dapatkan

Berbagai merk dummy battery yang kompatible dengan sony a6000 yang beredar di pasaran dapat anda beli di marketplace-marketplace kesayangan anda, di antaranya :

  • Kingma Dummy Battery

Kingma sendiri merupakan salah satu produsen gear pendukung kamera yang menawarkan harga ekonomis bagi para fotografer ataupun videografer, Kingma Dummy battery sendiri memiliki harga berkisar 200ribuan saja, jika dibanding membeli battery NP-FW50 original yang dibandrol dengan harga di atas 500 ribuan, tentu menggunakan dummy battery menjadi solusi yang efektif bagi pengguna sony a6000.

  • Andoer Dummy Battery

Selain Kingma, terdapat merk dummy battery lain yang kompatible dengan Battery NP-FW50 for sony e-mount yaitu dengan merk dagang Andoer.

Harga yang dibandrol dari dummy battery merk ini terbilang sama dengan merk kingma, yaitu berkisar 200 ribuan.

2. Melepas Penutup Battery

Jika saat ini anda belum memiliki dummy battery / dc coupler, maka cara yang satu ini dapat menjadi alternatif untuk meminimalisir terjadinya overheat pada kamera sony a6000. Menutup batterai dapat memberikan sirkulasi udara di area battery sehingga dapat mengurangi resiko kamera yang cepat panas (overheat) saat perekaman video menggunakan sony a6000.

3. Membuka Layar Flip Kamera a6000

Selain membuka penutup batterai, salah satu tips untuk meminimalisir terjadinya overheating pada kamera a6000 adalah dengan melonggarkan area layar flip. Hal tersebut bertujuan agar memberikan sirkulasi udara pada area body kamera a6000 sehingga dapat meminimalisir terjadinya overheating.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Mengatasi Kamera Sony a6000 yang Cepat Panas (Overheat). Semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah tersebut.

Salam Hangat,

visualogi.com

Kata Kuncikamera a6000 mati saat rekam -