Mengenal 5 Komposisi yang sering digunakan dalam Fotografi

Komposisi dalam fotografi merupakan hal pokok yang harus diperhatikan saat memotret sebuah objek. Komposisi fotografi merupakan komponen ataupun elemen yang terangkum dalam sebuah foto, baik foreground, objek maupun background.

Foreground merupakan elemen yang berada di depan objek, komponen foreground sendiri biasanya berada paling depan dalam sebuah foto. Sedangkan objek merupakan sasaran atau sesuatu hal yang ingin kita pusatkan (fokus utama) dalam sebuah foto. Sementara background sendiri merupakan segala sesuatu yang berada di belakang sebuah objek bisa berupa dinding, pemandangan ataupun bangunan.

Berbicara mengenai komposisi, maka hal yang terbesit dibenak kita adalah bahan dasar dalam membuat sesuatu, berbeda dengan makanan, yang komposisinya menggunakan bahan-bahan makanan yang kita racik akan tetapi komposisi dalam fotografi memiliki komponen-komponen yang sedikit berbeda. Hal tersebut dapat kita pahami bersama melalui ulasan di bawah ini.

Dalam artikel ini kita akan membagikan penjelasan mengenai 5 Komposisi yang sering digunakan dalam Fotografi beserta contoh foto dan penerapannya.

1. Rule of Thirds

Komposisi yang satu ini sering sekali kita jumpai di kamera yang kita gunakan, sebuah garis yang membagi menjadi 9 bidang tersebut kerap muncul di layar pada sebuah kamera. Lantas apa kegunaan garis Rule of thirds tersebut? dan bagaimana cara pengaplikasiannya?

Cara pengaplikasian atau penggunaan komposisi rule of third sendiri dengan meletakkan fokus objek pada salah satu perpotongan garis bidang. Manfaat penggunaan komposisi rule of thirds sendiri dapat mempermudah mata kita tertuju pada POV (point of view). Secara tidak sengaja mata kita akan berpusat pada salah satu titik perpotongan garis tersebut.

2. Golden Ratio

Berbeda dengan rule of thirds, golden raatio memiliki bentuk yang menyerupai cangkang keong, rasio tersebut menggunakan perhitungan rumus fibonacci sequence yaitu 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, dan seterusnya dan dapat disederhanakan melalui rumus

F0 = 0, F1 = 1
Rumus tersebut kemudian ditransformasikan menjadi sebuah bidang spiral yang membentuk Fibonacci spiral atau yang lebih dikenal sebagai golden ratio.

3 . Framing

Framing merupakan sebuah komposisi yang menempatkan subjek utama (Point Of Interest) berada di tengah bidang yang dikelilingi oleh foreground yang membentuk bingkai di sekeliling objek utama pada foto. Sesuai dengan namanya “framing” berarti membingkai objek dengan ornamen ataupun elemen pendukung yang mengelilingi objek utama.
Menggunakan komposisi Framing dapat memberikan kesan presisi dan simetris pada sebuah foto sehingga akan nyaman jika dilihat.

4. Leading Lines

Komposisi yang keempat adalah leading lines, komposisi ini menggunakan garis-garis yang berada pada elemen yang ingin kita ambil mengarah pada subjek utama yang ada pada foto.
Garis yang digunakan pada leading line merupakan garis imajiner yang dapat ditangkap oleh imajinasi mata seorang fotografer.

Penggunaan komposisi leading lines sendiri bertujuan untuk menekankan objek utama melalui garis-garis yang ada di sekitar objek yang ingin kita potret.

👉 TRENDING :   Kumpulan Twibbon Ramadhan 2022

5. Golden Triangle


Komposisi Golden Triangle hampir mirip dengan rule of thirds, namum perpotongan yang ada pada komposisi ini sedikit berbeda yaitu dengan menggunakan perpotongan menyilang atau diagonal dari satu sudut ke sudut yang lain kemudian diberikan perpotongan lagi dengan sudut 90 derajat pada sisi yang lainnya sehingga membentuk perpotongan garis golden triangle.
Penggunaan komposisi ini sering diterapkan pada food fotography ataupun product photography.

Demikianlah ulasan mengenai 5 Komposisi yang sering digunakan dalam Fotografi, semoga dapat memberikan informasi bagi para pembaca sekalian.
Salam Hangat,
visualogi.com