5 Produk Percetakan yang Populer di Tahun 2021

Produk percetakan menjadi salah satu prospek bisnis yang menguntungkan, mengingat semakin masifnya kebutuhan akan produk percetakan di era yang serba digital seperti saat ini.

Tahun 2021 menjadi momok yang menakutkan bagi para pengusaha, tidak terkecuali akan berdampak besar pada sektor bisnis percetakan. Berbagai peraturan dan kebijakan yang ditetapkan pemerintah di tengah pandemi seperti sekarang ini, membuat sebagian besar pengusaha bisnis percetakan mencari alternatif produk untuk dapat survive di tengah-tengah pandemi.

Melihat dan memperhatikan hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini pula kami ingin membagikan ulasan mengenai 5 Produk Percetakan yang Populer di Tahun 2021, sehingga dapat memberikan ide-ide dalam menemukan peluang baru bagi bisnis percetakan untuk survive di era pandemi seperti sekarang ini.

5 Produk Percetakan tersebut antara lain :

1. Produk ID Card PVC

Pada urutan pertama, produk percetakan yang sedang naik daun di tahun 2021 adalah produk ID Card yang menggunakan bahan PVC.

PVC sendiri merupakan singkatan dari Polivinil Clorida. Mungkin barang pertama yang kita ingat dari PVC sendiri yaitu paralon atau pipa air, namun dalam hal produk percetakan yang kami maksud adalah produk ID Card yang menggunakan bahan dasar PVC.

Beberapa bulan belakangan, ramai dibutuhkan jasa pembuatan kartu vaksinasi, baik tahap 1 ataupun 2, namun akhir-akhir ini pemerintah melalui kementerian perdagangan melarang bahkan memboklir berbagai jasa pembuatan kartu vaksinasi di berbagai marketplace online.

Lantas produk apa yang dapat menjadi pengganti kartu vaksinasi tersebut? Jawabannya, tentu masih banyak produk ID Card yang menggunakan bahan PVC, seperti Kartu Nikah, Kartu NPWP dan masih banyak yang lain. 

2. Cetak Artpaper

Selain produk berbahan PVC, di tahun ini produk percetakan dengan bahan dasar artpaper sangat banyak dibutuhkan, mengingat kebutuhan produk dengan menggunakan bahan dasar kertas artpaper sangat beragam, seperti Foto Polaroid, Poster, Kartu Nama, bahkan produk percetakan seperti packaging produk.

👉 TRENDING :   Trik dan Tips Asuransi Uang

3. Berbagai Produk Akrilik

Produk percetakan berbahan dasar akrilik semakin ramai diminati di tahun 2021 ini, kebutuhan-kebutuhan masyarakat akan produk berbahan dasar akrilik sejalan dengan pengetahuan masyarakat tentang ketahanan produk akrilik jika dibandingkan bahan-bahan lain.

Berbagai produk yang menggunakan bahan dasar akrilik seperti : Gantungan Kunci, Neon Box, Plakat, Papan Nama, Nomor Rumah, dan masih banyak lagi.

4. Sablon Baju

Meski terlihat usang, bisnis sablon baju di tahun 2021 ini masih menunjukkan eksistensinya, di lihat dari jumlah penjualan produk sablon baju yang masih saja tinggi di marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. 

Hal yang meembuat usang tentang bisnis sablon baju adalah prosesnya, namun lambat laun berbagai alternatif jenis sablon lain yang dapat lebih memudahkan para pengusaha sablon baju.

Berbagai jenis sablon baju yang populer saat ini seperti : DTG, DTF, Discharge, Polyflex, Plastisol, dan masih banyak yang lain.

5. Banner

Spanduk, Baliho atau yang sering juga disebut sebagai banner ini merupakan produk percetakan yang tidak hilang diterpa angin, meskipun tidak seramai saat digelarnya pemilu, produk banner akan selalu dibutuhkan masyarakat umum, entah itu membuat spanduk promosi, keperluan acara/kegiatan instansi, hingga sebuah sign (papan petunjuk) dalam kegiatan proyek. 

Banner sendiri sangat bervariasi, entah itu dalam bentuk backdrop, X-Banner, hingga dapat diterapkan menjadi wallpaper.

Demikianlah ulasan mengenai 5 Produk Percetakan yang Populer di Tahun 2021, semoga dapat menjadi bahan rujukan bagi para pengusaha percetakan yang ingin mencari alternatif produk yang dapat meningkatkan penjualannya mengenai produk percetakan.

Salam Hangat,

visualogi