Kelebihan Kamera Mirrorless dibanding DSLR

Ranah Fotografi lambat laun mulai bertransformasi, setelah beberapa periode lalu banyak fotografer menggunakan kamera DSLR sebagai gear andalan saat melakukan kegiatan memotret, namun di era saat ini kamera DSLR mulai ditinggalkan dan mulai banyak fotografer beralih menggunakan kamera mirrorless.

Sebelum kita mengulas mengenai alasan kenapa banyak fotografer mulai beralih ke kamera mirrorless maka kita perlu melihat perbedaan mendasar antara kamera DSLR dan Kamera Mirrorless.

Perbedaan DSLR dan Mirrorless

DSLR (Digital Single Lens Reflect) merupakan kamera digital yang menggunakan sistem pantulan cermin (pentaprism) sehingga cermin tersebut memantulkan cahaya ke dalam sensor yang terdapat di dalam kamera.

Sedangkan Mirrorless sendiri jika diartikan secara harfiah yaitu “Tanpa Cermin” sehingga proses penangkapan cahaya langsung menuju ke dalam sensor dan tanpa bantuan pantulan cermin.

Setelah melihat perbandingan perbedaan antara mirrorless dan DSLR maka saatnya kita mengulas lebih jauh mengapa banyak fotografer mulai beralih menggunakan kamera Mirrorless, berikut kami paparkan ulasan dibawah ini:

Alasan Fotografer Beralih Menggunakan Kamera Mirrorless

Terdapat beberapa alasan para fotografer mulai beralih dari kamera DSLR, antara lain :

  • Kamera Mirrorless lebih Compact

Body kamera mirrorless lebih kecil dibandingkan kamera DSLR yang cukup memakan tempat jika harus dibawa untuk berpergian jauh. Menggunakan kamera mirrorless akan memudahkan para fotografer dalam menghemat ruang penyimpanan dan juga lebih ringan.

  • Kamera Mirrorless lebih Canggih

Berbicara mengenai kecanggihan tentu hal yang kita fikirkan jika berkaitan dengan kamera adalah fiturnya, kamera mirrorless sendiri selain memiliki body yang lebih kompak, juga memiliki kelebihan yang sangat dibutuhkan oleh para fotografer yaitu mengenai fitur-fitur terbaru yang dapat mempermudah proses produksi fotografi.

Beberapa fitur tersebut antara lain :

  1. Titik Fokus Lebih Banyak
  2. Dynamic Range Lebih Tinggi
  3. Tersedia Eye Focus
  4. Burst Mode lebih cepat
  5. Sensor Lebih Kencang
  • User Friendly 
👉 TRENDING :   Cara Mudah Mastering Lagu Menggunakan FL Studio 11

Alasan lain mengapa banyak fotografer beralih menggunakan kamera mirrorless adalah mengenai pengoperasian kameranya, kamera mirrorless lebih mudah digunakan jika dibandingkan kamera DSLR, fitur-fitur seperti remote control, wifi, dan masih banyak fitur lain yang dapat mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan kamera.

Demikianlah ulasan mengenai Kelebihan Kamera Mirrorless dibanding DSLR semoga dapat menjadi bahan rujukan bagi teman-teman yang sedang mencari pembahasan tersebut.

Salam Hangat,

visualogi.com