6 Jenis Camera Movement yang Sering Digunakan dalam Videografi

Dalam ranah videografi terdapat beberapa teknik yang wajib diketahui oleh para videografer, baik itu yang berkecimpung di bagian pembuatan video dokumentasi, sinema, ataupun hanya sekedar pembuatan video-blog atau yang lebih dikenal dengan sebutan vlog.

Salah satu teknik yang harus dikuasai oleh para videografer adalah Camera Movement , teknik tersebut sangat membantu dalam pembuatan atau produksi sebuah video, sehingga dapat menghasilkan video yang lebih berkualitas.

Berkenaan dengan itu, pada artikel ini kami akan membahas tentang berbagai teknik camera movement dalam videografi baik dari pengertian, jenis camera movement maupun cara pengaplikasian teknik camera movement.

Pengertian Camera Movement

Camera Movement adalah teknik yang digunakan dalam proses perekaman video dengan menggerakkan kamera ke arah manapun, baik ke atas, bawah, samping, memutar ataupun mengikuti objek yang menjadi POI (Point Of Interest).

Jenis Camera Movement

Ada banyak sekali jenis camera movement, akan tetapi pada pembahasan kali ini kita akan membagikan 6 Jenis Camera Movement yang Sering Digunakan dalam Videografi.
Berikut klasifikasi jenis-jenis camera movement :

1. Tilting

Jenis Camera Movement yang satu ini terbagi menjadi dua kategori yaitu tilting up dan tilting down.

  • Tilting Up

Tilting Up merupakan camera movement dengan menggerakkan kamera dari bawah ke atas pada satu sumbu, hal tersebut biasanya bertujuan untuk menunjukkan detail pemandangan, objek, maupun suasana dari bawah hingga ke atas.

  • Tilting Down

Sedangkan Tilting Down sendiri merupakan kebalikan dari Tilting Up, yaitu pergerakan satu sumbu pada kamera dari arah atas ke arah bawah. Penggunaan tilting down sendiri seperti saat merekam orang yang sedang menuruni tangga, menonjolkan detail produk dan lain-lain

2. Panning

Jika tilting menggunakan pergerakan ke arah atas dan bawah, maka camera movement yang satu ini sedikit berbeda dalam hal arah pergerakannya.

👉 TRENDING :   Panduan Lengkap Atur Akun Telegram Biar Tidak mudah Dibobol

Panning sendiri merupakan camera movement dengan menggerakkan atau menggeser kamera secara horizontal pada satu sumbu. Panning movement terbagi menjadi dua yaitu panning left dan panning right, berikut ulasannya :

  • Panning Left

Panning Left merupakan pergerakan kamera secara horizontal dari sisi kanan ke arah kiri pada satu tuas atau sumbu.

  • Panning Right

Panning right merupakan kebalikan dari panning left yaitu menggerakkan kamera secara horizontal dari sisi kiri ke arah kanan.

Manfaat penggunaan camera movement panning sendiri bertujuan untuk memperlihatkan suasana scene ataupun pergerakan subjek utama secara mendatar.

3. Orbit

Orbit merupakan salah satu jenis camera movement yang sering digunakan dalam produksi video produk, ataupun dalam pembuatan sebuah film.

Camera movement orbit merupakan pengambilan video dengan menggerakkan kamera mengelilingi subjek utama, sehingga dapat memperlihatkan detail subjek secara keseluruhan, baik depan, samping maupun belakang.

4. Trucking

Trucking sedikit mirip dengan panning, yaitu sama-sama melakukan pergerakan kamera dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya, perbedaannya terletak pada sumbu kamera.

Trucking movement merupakan pergerakan kamera dari kiri ke kanan mengikuti subjek dengan cara menggeserkan kamera menggunakan alat bantu, salah satu alat bantu yang sering digunakan adalah slider.

Trucking berbeda dengan panning, perbedaan tersebut terletak pada titik sumbu kamera yang bergerak, berbeda dengan panning yang terpusat dan statis di satu sumbu saja.

5. Crane

Bagi kalian yang pernah melihat proses perekaman video di salah satu siaran sepakbola, maka akan melihat sebuah alat besi tinggi yang mengangkut kamera. Alat tersebut merupakan crane.

Crane movement sendiri merupakan pergerakan kamera dengan menggunakan alat bantu yang di sebut crane.

Selain proses produksi video sport, crane movement juga sering digunakan dalam pembuatan film, biasanya scene yang berada di tengah hutan ataupun bangunan-bangunan tinggi menggunakan alat bantu tersebut.

👉 TRENDING :   Kumpulan Link Twibbon Hari Santri Nasional 2021

6. Pedestal

Pedestal merupakan movement atau pergerakan kamera secara vertikal mengikuti lintasan yang ada pada sebuah alat. baik ke atas maupun kebawah.

Pedestal biasanya menggunakan alat bantu bernama pedestal, atau bisa juga menggunakan alat yang lebih sederhana seperti tripod.

Perbedaan Camera Movement & Lens Movement

Banyak yang masih mengaitkan dan mencampuradukkan antara camera movement dan lens movement, padahal secara harfiah kedua mobement tersebut memiliki definisi dan cara pengoperasian yang berbeda.
Perbedaan antara camera movement dan lens movement sendiri terletak pada sistem yang digunakan, jika camera movement menggerakkan kamera sebagai teknik utama, sedangkan lens movement menggunakan pergerakan lensa sebagai teknik yang digunakan.
Lens movement sendiri dapat kita jumpai seperti zoom in movement ataupun zoom out movement.
Demikianlah ulasan lengkap mengenai 6 jenis camera movement yang sering digunakan dalam videografi, semoga pembahasan kali ini dapat memberikan gambaran dan panduan kepada teman-teman semua dalam penggunaan teknik camera movement.
Salam Hangat,
visualogi.com