Cara Mudah Mastering Lagu Menggunakan FL Studio 11

Dalam memproduksi sebuah musik melalui berbagai tahapan, mulai dari compossing (mencipta), recording (perekaman), arranging (mengaransemen), mixing (penggabungan), balancing (penyeimbangan) hingga mastering (pengoptimalan kualitas audio). 

Tahapan tersebut tentu membutuhkan sebuah kejelian dan kesabaran ekstra sehingga dapat menghasilkan kualitas audio yang jernih dan nyaman untuk didengarkan.

Terdapat berbagai DAW (Digital Audio Workstation) yang sering digunakan para produser musik dalam proses pembuatan sebuah lagu, seperti Cubase, FL Studio, Ableton, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada pembahasan kali ini akan terpusat pada penggunaan salah satu DAW yang sering digunakan oleh kebanyakan orang yaitu FL Studio. Pada tahun 2014 FL Studio menjadi salah satu DAW dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia.

FL Studio merupakan produk DAW dari perusahaan Image-Line yang diluncurkan perdana pada tahun 1997, berbekal tampilan yang menarik dan juga sangat mudah dioperasikan oleh orang umum, aplikasi ini lama kelamaan menarik hati berbagai orang dalam memproduksi sebuah musik.

Proses paling krusial dalam pembuatan musik adalah mastering, sehingga pada kesempatan kali ini pula kami akan membagikan ulasan mengenai Cara Mudah Mastering Lagu Menggunakan FL Studio 11.

FL Studio sendiri memiliki berbagi plugin bawaan yang memanjakan para penggunanya dalam memproduksi sebuah musik. Salah satu di antaranya adalah plugin Maximus.

Berikut langkah-langkah mastering menggunakan plugin Maximus di FL Studio 11 :

  • Langkah pertama yaitu pilih channel – add one – audio clip
  • Langkah kedua adalah menekan icon browser yang ada pada pojok kiri menu channel setting.
  • Langkah ketiga yaitu memilih lagu / musik yang ingin dimastering
  • Langkah keempat yaitu dengan mengklik icon segitiga yang ada di pojok kiri menu channel setting, kemudian pilih assign free mixer track
  • Langkah kelima yaitu mengklik segitiga yang ada pada channel IN
  • Langkah keenam klik Maximus
  • Langkah ketujuh mengklik segitiga yang ada pada pojok kiri atas maximus
  • Langkah terakhir yaitu klik preset dan pilih Clear Master.
👉 TRENDING :   10+link Twibbon hut LP Ma’arif Ke 92 tahun 2021

Demikianlah langkah-langkah dalam proses mastering menggunakan plugin Maximus di FL Studio 11, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi anda.

Salam Hangat,

visualogi.com