5 Jenis Angle dalam Fotografi

5 Jenis Angle dalam Fotografi

Dalam dunia fotografi terdapat beberapa teknik pengambilan foto yang sering diimplementasikan, salah satu teknik tersebut yaitu penggunaan sudut pandang (angle) dalam menentukan sebuah objek. Penggunaan angle dapat menciptakan sebuah komposisi dalam foto sehingga sebuah gambar akan terlihat lebih menarik.

Setidaknya ada 5 jenis angle yang sering dipakai seorang fotografer dalam mengambil sebuah foto, diantaranya ada low angle, high angle, eye level, frog eye view, bird eye view.

Dalam artikel ini kami akan menjabarkan 5 jenis angle dalam fotografi tersebut serta cara penggunaannya dalam setiap jenis fotografi.

1. Low Angle

Low angle merupakan pengambilan sebuah objek dengan memposisikan kamera berada lebih rendah dari objeknya. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesan agar objek terlihat lebih tinggi daripada sudut pandang yg kita lihat. kesan ini juga bisa mewakili scene yang ingin membuat objek terlihat lebih superior.

Salah satu teknik Low angle seringkali dengan mendongakkan bidikan kamera ke arah objek, dalam hal ini objek berada lebih tinggi daripada kamera. Teknik ini sering kita jumpai pda portrait photography ataupun fotografi bangunan.

2. High Angle


Berbeda dengan low angle, high angle yaitu pengambilan sudut pandang yang lebih tinggi dari objek, pengambilan objek dari sudut pandang yang lebih tinggi tersebut bertujuan untuk memperlihatkan estetika dari arah yang lebih luas. kesan lain yang ditimbulkan dari penggunaan high angle adalah seolah-olah posisi objek berada pada posisi yang tertindas.
Penggunaan teknik high angle sering digunakan pada landscape photography, food photograpy maupun product photography.

3. Eye Level

Eye level merupakan teknik pengambilan sudut pandang dengan mensejajarkan posisi kamera dengan objek yang ingin kita potret. Eye Level atau jika diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti sejajar dengan mata.
Penggunaan angle ini sering digunakan untuk membuat kesan luwes, anggun dan bersahabat. para fotografer portrait, street photography, maupun human interest sering menggunakan sudut pandang (angle ini)

👉 TRENDING :   Update Baru Toshiba di Bulan Ramadhan

4. Frog Eye View

Frog Eye View atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti sudut pandang dari mata seekor katak, maka pengertian frog eye view yaitu sudut pandang yang memposisikan kamera berada di permukaan lantai, atau tanah. Penggunaan angle ini sering dipakai oleh para fotografer landscape, hal tersebut bertujuan memperlihatkan keindahan pemandangan dari sudut pandang lantai.

5. Bird Eye View



Bird Eye View merupakan angle yang memposisikan sudut pandang dari seekor burung, hal tersebut berarti sudut pandang (angle) dari arah atas.
Akhir-akhir ini banyak sekali fotografer yang menggunakan teknik ini dengan berbantuan gear tambahan seperti drone.
Bird eye view sering digunakan untuk mengambil bentang alam untuk memberikan kesan luas dan tanpa batasan.

Demikianlah ulasan kami mengenai 5 jenis angle dalam fotografi, semoga dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai beberapa jenis angle dalam fotografi.