Fungsi ND Filter dalam Videografi

Sebagai seorang videografer, mempunyai gear atau alat-alat yang menunjang produksi dalam pembuatan video merupakan sebuah keharusan demi mendapatkan kualitas video yang maksimal.

Selain kamera, gimbal, tripod, rigging, PC ataupun mic eksternal yang notabene memiliki harga yang tidak murah, seringkali para videografer melupakan partikel-partikel kecil yang justru dapat menunjang produksi pembuatan video.

Merekam video di siang bolong merupakan tantangan yang sangat ekstrim bagi para videografer, disamping kamera yang bisa overheat, keringat yang bercucuran, terlebih lagi jika video yang dihasilkan akan menjadi over-exposure atau terlalu silau, akan sangan merusak kualitas video yang dihasilkan.

Lantas bagaimana cara mengatasi over exposure pada perekaman video?

Apakah ada gear pendukung yang bisa membantu dalam mengatasinya?

Jawabannya, ada, yaitu ND Filter / ND Variabel

Jika dalam fotografi, mengakali overexposure bisa dengan menaikkan shutterspeed, maka dalam videografi hal tersebut tidak dapat dilakukan. Alasannya adalah jika kita menaikkan shutterspeed maka pergerakan (motion) yang dihasilkan akan menjadi freeze dan tidak natural. Pada umumnya, penggunaan shutterspeed disesuaikan dengan fps yang tersedia pada kamera masing-masing. Perhitungan shutterspeed pada umumnya adalah fps yang digunakan dikalikan dua, misal (60fps x 2 = 120) maka shutterspeed yang digunakan yaitu yang paling mendekati yaitu 1/125fps. jika kita menggunakan shutterspeed 1/125 dan masih ditemukan overexposure maka hal yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan ND Filter.

ND (Neutral Density) Filter sendiri merupakan alat yang digunakan untuk menghalangi intensitas cahaya yang ditangkap oleh lensa. beberapa ND filter murah hingga mahal sangat mudah ditemui di marketplace, berikut kami rangkum beberapa merk ND Filter atau ND Variabel yang ada di pasaran.

1. FOTGA

Fotga merupakan salah satu produk ND filter yang sangat murah, harganya sendiri berkisar Rp.100.000an saja, perbedaan harga biasanya ditentukan oleh diameter ND filter dan juga jenis ND nya.
2. K&F
 

 

👉 TRENDING :   Kumpulan Twibbon hari tani nasional 2021
Salah satu merk dagang ND filter yang satu ini merupakan gologan Mid-level, harga yang lebih tinggi dibanding merk Fotga, hal tersebut tentunya sesuai dengan kualitas yang dihasilkan.