Teknik Chiaroscuro

Update Skill Fotografimu dengan Teknik Chiaroscuro


Berbicara perihal visual, maka erat kaitannya mengenai dunia melukis. Seiring perkembangan jaman, melukis tidak hanya menggunakan media konvensional seperti kertas, kanvas, dan alat tulis maupun cat warna.
Di era modern seperti sekarang ini, fotografi menjadi media lukis yang paling sering dilakukan oleh orang-orang.
Berbeda dengan melukis di kanvas, fotografi sendiri merupakan salah satu bagian seni lukis yang menggunakan cahaya sebagai komponen utamanya.
Melihat cahaya sebagai dasar dalam fotografi maka salah satu teknik terbaik jika Anda ingin meningkatkan fotografi potret Anda dengan menggunakan salah satu bentuk manipulasi pencahayaan fotografi tertua, panduan pencahayaan Chiaroscuro ini cocok untuk Anda. Kita akan melihat secara singkat asal usul Chiaroscuro dalam seni lukis, dan belajar dari penggunaannya yang luas dan beragam baik dalam film maupun fotografi. Menambahkan tampilan kontras tinggi Chiaroscuro ke foto Anda untuk efek kreatif lebih mudah dari yang Anda kira, jadi mari selami.

1) Pengertian Chiaroscuro

Chiaroscuro adalah istilah Italia yang secara harfiah berarti ‘terang-gelap’. Dalam lukisan, deskripsi mengacu pada kontras nada yang jelas yang sering digunakan untuk menyarankan volume dan pemodelan subjek yang digambarkan. Seniman yang terkenal karena penggunaan chiaroscuro termasuk Leonardo da Vinci dan Caravaggio. Leonardo menggunakannya untuk memberikan kesan yang jelas tentang tiga dimensi sosoknya, sementara Caravaggio menggunakan kontras semacam itu untuk kepentingan drama. Kedua seniman juga menyadari dampak emosional dari efek ini.

Dalam fotografi, teknik pencahayaan chiaroscuro dapat didefinisikan secara sederhana sebagai pencahayaan kontras tinggi. Anda menggunakan ekstrem gelap dan terang untuk membuat gambar yang menawan. Ini dapat digunakan dalam fotografi berwarna atau hitam putih.

Chiaroscuro dapat ditelusuri kembali ke karya Apollodorus Skiagraphos, seorang pelukis Yunani yang menggunakan bayangan menetas untuk menyarankan volume. Tak satu pun dari karya Skiagraphos bertahan, tetapi contoh teknik skiagraphia atau “lukisan bayangan” dapat dilihat dalam karya seni Helenistik lainnya seperti “Perburuan Rusa”, mosaik karpet abad ke-4 SM dari rumah kaya Makedonia.

👉 TRENDING :   Download Little Mom Episode 9 Serial Indo Terbaru

Demikianlah ulasan mengenai Teknik Chiaroscuro dalam fotografi, semoga dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Salam Hangat,
visualogi.com